Enam perusahaan yang berasal dari kawasan negara Segitiga Karang mendapatkan sebuah penghargaan karena melaksanakan bisnis pariwisata yang berkelanjutan sekaligus berintegrasi. Selain berbisbis, keenam pengusaha ini selain mengedepankan bisnis mereka, mereka juga secara aktif mendukung konservasi kawasan pesisir, biota laut dan habitatnya, serta membantu peran masyarakat dari masyarakat setempat.

Enam perusahaan yang berasal dari Indonesia, Malaysia, Papua Nugini, Filipina, Kepulauan Salomon, dan Timor-Leste menerima penghargaan melalui Forum Bisnis Regional Prakarsa Segitiga Karang, untuk Terumbu Karang, Perikanan, dan Ketahanan Pangan atau Coral Triangle Initiative on Coral Reefs, Fisheries and Food Security (CTI-CFF) ke-4 yang digelar di Nusa Dua, Bali, 27-29 Agustus 2015.

            Nah, berikut 6 Pengusaha yang mendapatkan penghargaan, yaitu:

  1. Reef Seen Divers’ Resort, Pemuteran, Bali, Indonesia
  2. Scuba Junkie, Mabul, Sabah, Malaysia
  3. Madang Resort Hotel, Madang, Papua Nugini
  4. Evolution Diving, Malapascua, Cebu, Filipina
  5. Oravae Cottage, Gizo, Kepulauan Solomon
  6. Dive Timor Lorosae, Dili, Timor-Leste

Penilaian yang digunakan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan, yaitu dari bagaimana cara perusahaan tersebut dalam mendukung konservasi, apakah perusahaan tersebut memberdayakan masyarakat setempat, apakah perusahaan mendukung potensi kawasan dengan meningkatkan hasil khas daerah tersebut, apakah perusahaan tersebut meningkatkan kualitas hidup masyarakat setempat, dan yang terakhir dalam penggunaan teknologi menggunakan sarana yang hemat energi.

Yang diharapkan dari penghargaan ini adalah untuk mengedepankan peran penting dari sektor swasta dalam memastikan sumber daya laut di daerah kawasan Segitiga Karang dikelola secara berkelanjutan. Selain itu penghargaan ini juga diharapkan dapat mempromosikan sumber daya yang terarah, dan mendukung masyarakat setempat lebih berperan di pariwisata bahari yang berkelanjutan sehingga potensi wisata bahari semakin on-point.