Logo Mobile

FAQ

Apa itu Signing Blue ?

Signing Blue adalah inisiatif program WWF Indonesia untuk mewadahi para pelaku wisata dan wisatawan untuk mewujudkan pariwisata bahari yang bertanggung jawab melalui Marine Tourism Improvement Program/MTIP. MTIP adalah program perbaikan pariwisata bahari yang bertanggung jawab.

Mengapa Anda perlu bergabung dengan Signing Blue ?

• Indonesia memiliki potensi kepariwisataan bahari yang tidak terkira. Namun praktik pariwisata yang bersifat eksploitatif malah menimbulkan dampak negatif bagi alam, masyarakat dan masa depan bisnis pariwisata. • Tanpa alam yang lestari dan kebudayaan yang kaya, kepariwisataan tidak akan memiliki nilai jual dan kemampuan bersaing. • Tidak hanya menjamin keberlanjutan bisnis, komitmen anggota Signing Blue dalam mewujudkan Kepariwisataan Bahari yang Bertanggung Jawab akan memberi manfaat bagi kelestarian alam dan pemberdayaan masyarakat.

Apa itu Anggota Signing Blue ?

Anggota Signing Blue adalah pelaku wisata yang secara sah telah menandatangi perjanjian kerjasama dengan WWF serta bersedia untuk melakukan program perbaikan pariwisata sesuai dengan standar-standar dalam Signing Blue.

Siapa saja target Anggota Signing Blue ?

1. Pelaku Wisata Signing Blue berfokus beberapa target pelaku wisata di Indonesia yang memiliki komitemen untuk perbaikan pariwisata seperti Accommodation, Food, Beverage and Food Reailer, Recreational Boat dan Trip Organizer. Deskripsi secara detail setiap bagaian pelaku wisata ada di Guideline Signing Blue. 2. Wisatawan. Wisatawan yang bertanggungjawab dikategorikan sebagai individu-individu yang berkomitmen untuk melakukan perjalanan berlibur dengan cara meminimalisir seminim mungkin resiko yang ditimbulkannya baik terhadap lingkungan maupun komunitas di daerah tujuan wisata. Singkatnya, setiap individu tersebut bertanggungjawab menentukan pilihan mulai dari lokasi wisata, aktivitas, penyedia jasa pariwisata hingga beraktivitas di lokasi tujuan wisata.

Siapa Saja kelompok kerja Signing Blue ?

Terdiri dari tenaga ahli WWF-Indonesia, pelaku pasar, akademisi dan penggerak masyaraat. Signing Blue yang dibentuk tahun 2013 berupaya mendorong konsep kepariwisataan yang bertanggung jawab melalui : • Penyeberan informasi tentang kepariwisataan bertanggung jawab. • Peyeberan pedoman pelaksanaan praktik lingkungan yang adil (Best Environmental Equitable Practices/BEEP), WWF Indonesia. • Pengembangan standar dan indikator Kepariwisataan Bahari yang Bertanggung jawab. • Pengidentifikasian peluang pasar untuk Kepariwisataan Bahari yang Bertanggung Jawab.

Apa saja manfaat perusahaan yang diperoleh sebagai Anggota Signing Blue ?

• Mendapatkan bintang sesuai dengan praktik keberlanjutan yang dilakukannya. • Menjamin keberlanjutan bisnis. Mengurangi dampak negatif lingkungan dan sosial seraya menghasilkan dampak positif jangka panjang bagi bisnis Anda. • Citra yang baik bagi perusahaan. Tingkatkan jumlah wisatawan melalui publikasi komitmen keberlanjutan Anda pada konsumen yang peduli isu lingkungan. • Perluasan Pasar. Anggota Signing Blue akan memperoleh akses ke kelompok konsumen yang peduli isu lingkungan serta jaringan internasional WWF. Kami menyebut kelompok potensial ini sebagai “Blue Travelers”

Bagaimana cara bergabung dengan Signing Blue ?

Pelaku jasa pariwisata (Toursim Service Provider dapat dapat mengunjungi website www.signingblue.com lalu mengisi nama, kontak dan nama perusahaan di bagian “Mari Bergabung”. Selanjutnya tim Signing Blue akan menghubungi dan memulai proses keanggotaan Signing Blue Anda.

Bagaimana Signing Blue mengukur peringkat penilaiaan Anggota Signing Blue ?

Penghargaan terhadap pelaku kepariwisataan diukur melalui peringkat bintang (bintang laut) dengan level sebagai berikut: • Star Fish 1: Menunjukkan pemahaman dan komitmen pada bisnis dan aktivitas kepariwisataan yang bertanggung jawab • Star Fish 2: Menunjukan komitmen tinggi untuk menerapkan praktik terbaik dalam sektor bisnis serta menganjurkan pihak lain untuk terlibat dalam kepariwisataan yang bertanggung jawab. • Star Fish 3: Memiliki kesadaraan dan kemauan untuk melakukan kegiatan Kepariwisataan Bahari yang Bertanggung Jawab dengan melibatkan pihak terkait seperti mitra bisnis, pemerintah dan wisatawan. • Star Fish 4: Memiliki pemahaman yang cukup untuk mengajarkan, menerapkan dan mempengaruhi pihak lain untuk berpartisipasi dalam praktik Kepariwisataan Bahari yang Bertanggung Jawab. • Star Fish 5: Mampu menunjukkan program kepariwisataan yang inovatif dan memberikan dampak yang signifikan terhadap keberlanjutan lingkungansosial-ekonomi serta pengurangan jejak karbon. Pada tahapan ini anggota juga dapat mempengaruhi kebijakan dan peraturan terkait manajemen sumber daya alam.

Bagaiama panduan pemasangan logo bagi perusahaan yang telah tergabung dalam Signing Blue?

Branding Guidline atau panduan pemasangan logo signing blue wajib diikuti oleh perusahaan yang secara sah menjadi anggota Signing Blue. Peusahaan wajib memperhatikan terlebih dahulu Panduan pemasangan Logo Signing Blue. • Logo Sebisa mungkin Bagde Logo Signing Blue, WWF digunakan warna namun tidak menutup kemungkinan juga bila digunakan dalam warna bagde hitam dan putih. • Tagline. Tagline Signing Blue adalah kalimat pendek yang digunakan bersamaan dengan logo Signing Bue untuk menekahkan Visi dan misi Signing Blue. Tagline Signing Blue “Bring Tourism To The Next Level. Tagline Philosophy, Untuk mendorong dan menerapkan etika bisnis pariwisata bahari pada level yang berkelanjutan serta mem mempromosikan praktik terbaik berbasis lingkungan dan kesetaraan. • Placement and Disclaimer Sentence and Logo. Dalam konteks keanggotaan Signing Blue, "disclaimer" didefinisikan sebagai kalimat yang digunakan untuk mengkonfirmasi status keanggotaan Perusahaan dalam Signing Blue sementara pada saat yang sama memberitahukan kepada publik bahwa Perusahaan akan melalui proses menuju kelas keanggotaan resmi dalam Signing Blue. Penggunaan “disclaimer” merupakan hak istimewa yang diberikan kepada Perusahaan untuk anggota SIgning Blue setelah Perusahaan menandatangani Perjanjian Kerjasama Keanggotaan untuk secara resmi menetapkan keanggotaan dalam Program Signing Blue. Website, Company Profle, Laporan Tahunan, Laporan CSR, Alat Pemasaran dan Promosi (internal dan eksternal) DILARANG menggunakan kalimat dan logo disclaimer pada item berikut: • Produk • Kemasan produk • Produk promosi

Apa saja jenis keangotaan individual anggota Signing Blue ?

Keanggotaan individual/wisatawan di bagi ke dalam 5 tingkatan yang di bagi sesuai dengan spesies berdasarkan mata rantai makanan di laut dari ukuran kecil hingga besar—dan mengikuti kategori sebagai berikut : • Plankton : Mendemonstrasikan wisatawan yang berkomitmen untuk melakukan perubahan lebih baik melalui aktivitas-aktivitasnya. • Anchovy : Mendemonstrasikan wisatawan dengan Jelajah tinggi, memiliki komitmen untuk aspek-aspek keberlanjutan melalui aktivitasnya. • Barakuda : Mendemonstrasikan wisatawan yang tak hanya memiliki komitmen, tapi mampu mendorong pihak lain terlibat dalam aktivitas yang lebih baik dan berkontribusi pada lingkungan, sosial dan ekonomi. • Paus : Mendemonstrasikan wisatawan yang bergaya hidup hijau dan mampu memotivasi pihak lain untuk bergaya hidup hijau. • Hiu : Mendemonstrasikan berbagai aktivitas ramah lingkungan dan berkontribusi nyata pada konservasi saat berlibur dimanapun.

Bagaimana tahapan menjadi anggota individual Signing Blue?

1. Individu maupun wisatawan yang bersedia bergabung menjadi anggota Signing Blue harus melewati tahapan sebagai berikut : 2. Bergabung melalui www.signingblue.com 3. Memahami petunjuk peningkatan level. 4. Mampu membuktikan praktik praktik terbaik yang dilakukannya.